Social Icons

Kamis, 11 April 2013

Ngemil di Malam Hari Tak Harus Bikin Gemuk

Ngemil di malam hari mendekati waktu tidur biasanya akan dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan bobot atau menjaga berat badan ideal. Kegiatan yang satu ini dinilai bisa merugikan dan hanya akan membuat program diet menjadi sia-sia. 

Namun, ngemil di malam hari sebenarnya tidak selalu harus bikin gemuk lho. Faktanya, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ngemil di malam hari juga dapat memberikan manfaat, antara lain bertambahnya massa otot serta percepatan metabolisme khususnya di kalangan pria.

Tentu saja, ngemil yang dimaksud di sini bukanlah sembarang ngemil. Melainkan mengonsumsi makanan dengan beberapa syarat, mulai dari jumlah, jenis dan kandungan nutrisi tertentu. Ngemil "berkualitas" ini juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti aktivitas fisik menjelang tidur atau menjaga asupan kalori setiap hari.

Simaklah 4 fakta dengan manfaat ngemil malam hari berikut :

1. Massa otot bertambah
Sebuah penelitian yang dipublikasi tahun 2012 dalam jurnal Medicine & Science in Sport & Exercise mengatakan ngemil di malam hari dapat membantu pembentukan lebih banyak otot sehingga menambah massa otot. Para peneliti asal Belanda menemukan, ngemil makanan yang mengandung kasein, yaitu protein yang terkandung dalam susu, setelah berolahraga malam dan 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan sintesis protein, terutama pada pria.

2. Metabolisme lebih cepat
Studi para ahli dari Florida State University menemukan bahwa pria yang ngemil pada malam hari sekitar 150 kalori memiliki laju metabolisme yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak ngemil.  Terutama jika camilannya mengandung lebih banyak protein atau karbohidrat, bukan lemak.

3. Mengurangi lapar

Menurut studi dari Florida State University, ngemil di malam hari dapat mencegah terlalu lapar di pagi hari dan meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan di hari berikutnya. Jenis makanan tidak terlalu menjadi masalah, namun lebih direkomendasikan makanan yang mengandung protein karena dapat membentuk otot. Buah-buahan dan sayur-sayuran segar juga dapat dijadikan pilihan.

4. Mengurangi berat badan
Mengunyah sereal di malam hari mungkin baik untuk mengurangi berat badan. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Wayne State University mengatakan, orang yang mengonsumi sereal sebelum tidur dapat mengurangi berat badannya sekitar 900 mg dalam empat minggu, sementara mereka yang tidak hanya berkurang sekitar 200 mg. Tentunya, pengurangan berat badan juga perlu disertai dengan olahraga dan membatasi asupan kalori.




Sumber :
Mens Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar