Social Icons

Minggu, 03 Maret 2013

Celah Hidrotermal Terdalam Ditemukan

Matt Hodgkinson Celah hidrotermal Beebe.

LONDON, Ilmuwan Inggris menemukan kehidupan celah air panas (hidrotermal) terdalam di dunia. Penemuan ini memanfaatkan robot penelitian yang dikendalikan dengan remote (ROV) yang dilengkapi kamera dengan gambar definisi tinggi.

Celah ini diketahui tiga tahun lalu di Palung Cayman, sebuah parit raksasa di antara dua lempeng tektonik. Satu bagian celah hidrotermal itu diberi nama Beebe di kedalaman 4.968 meter di bawah permukaan laut.

Di situs BBC, Kamis (21/2/2013), diuraikan, ekspedisi yang didanai oleh Natural Environment Research Council menggunakan kapal penelitian Inggris, James Cook. Pemimpin peneliti Jon Copley dari National Oceanography Center mengatakan, pengamatan ROV menunjukkan pemandangan menakjubkan.

Terdapat kehidupan di celah yang ”menyemburkan” air bersuhu lebih dari 400 derajat celsius bersama air dasar laut bersuhu 4 derajat celsius. Perbedaan ekstrem ini dimanfaatkan hewan-hewan laut untuk hidup.

Peneliti menemukan udang putih hantu di bebatuan. Celah hidrotermal merupakan situs yang menarik untuk diteliti para ilmuwan sejak ditemukan pertama tahun 1970-an. Sedikitnya, 200 titik celah hidrotermal telah diketahui, terutama di Laut Atlantik dan Perairan Selatan. (BBC/ICH)
Sumber :
Kompas Cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar