Social Icons

Minggu, 25 November 2012

Virus Baru Mirip SARS Tewaskan Dua Orang

Jamdesign - Shutterstock

Kompas.com - WHO melaporkan kematian kedua akibat virus baru penyakit pernapasan yang mirip dengan virus SARS. Kedua kematian itu di Arab Saudi. Sebelumnya ada tiga kasus yang juga disebabkan oleh virus serupa sehingga total kasusnya menjadi enam.

Seluruh kasus tersebut terkait dengan Saudi Arabia atau Qatar. Satu pasien sudah menjalani pengobatan di Inggris. Kendati begitu dokter memastikan virus ini tidak menyebar antar manusia.

Coronavirus adalah kelompok virus yang jadi penyebab berbagai penyakit pernapasan, mulai dari flu biasa sampai SARS (severe acute respiratory syndrome). Kelompok virus ini juga menginfeksi berbagai hewan.

Pada tahun 2002 wabah SARS coronavirus menewaskan sekitar 800 orang setelah menyebar dari Hong Kong ke lebih dari 30 negara di seluruh dunia.

WHO masih berusaha untuk mengidentifikasi virus ini berasal. Studi menunjukkan bahwa virus ini memiliki keterkaitan erat dengan yang ditemukan pada beberapa spesies kelelawar.

Menurut laporan WHO virus ini bisa menyebar ke berbagai Negara, bukan hanya Arab Saudi dan Qatar, sehingga perlu diwaspadai.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar