Social Icons

Selasa, 13 November 2012

Temuan Tulang Ungkap Kriminalitas di Zaman Batu



 
 Israel Antiquities Authority Tulang manusia purba yang berasal dari masa 8500 tahun lalu ditemukan. Temuan tulang memberi petunjuk pada dua hal, kemampuan manusia purba menggali sekaligus dugaan pembunuhan di Zaman batu.

TEL  AVIV, KOMPAS.com - Arkeolog menemukan tulang belulang di sebuah sumur di Lembah Jezreel, Galilea, Israel. Temuan tulang tersebut mungkin dapat mengungkap salah satu tindak kriminalitas tertua,  terjadi pada Zaman Batu.

Identifikasi menunjukkan bahwa tulang yang ditemukan adalah milik seorang perempuan berusia 19 tahun dan laki-laki yang lebih tua, berusia antara 30-40 tahun, yang hidup 8500 tahun lalu. Sumur tempat tulang itu ditemukan memiliki kedalaman sekitar 8 meter.

Yotam Tepper, kepala misi penggalian dari israel Antiquities Authority mengungkapkan, ada kemungkinan bahwa dua individu yang ditemukan adalah korban pembunuhan. Salah satu tandanya, ada pisau batu berbentuk bulan sabit yang ditemukan, beserta mata panah, tulang hewan dan arang.

Namun, arkeolog belum bisa memastikan hal tersebut. "Hingga sekarang, jawaban dari pertanyaan itu masih misteri. Yang jelas, setelah dua individu ini masuk ke dalam sumur, sumur tak lagi digunakan karena air sumur telah terkontaminasi dan tak bisa lagi diminum," jelas Tepper.

Apakah laki-laki dan perempuan yang kini ditemukan kerangkanya itu korban pembunuhan atau bukan, arkeolog mengungkap sisi lain yang lebih menarik. Sstruktur sumur dari Zaman batu sangat berharga untuk diteliti lebih lanjut.

"Sumur dari periode itu adalah temuan unik dalam arkeologi Israel dan mungkin dalam penelitian prasejarah dunia secara umum," ungkap tepper seperti dikutip Discovery, Jumat (9/11/2012). Temuan sumur itu merupakan bukti bahwa manusia purba sudah punya kemampuan menggali.
Sumber :
DISCOVERY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar