Social Icons

Kamis, 22 November 2012

Munculnya Pulau Sandy Diduga Kesalahan Manusia


Munculnya Pulau Sandy Diduga Kesalahan Manusia 
Apa yang disebut Pulau Sandy ini tercantum di sejumlah peta selama bertahun-tahun.
PASIFIK — Satu pulau di Pasifik Selatan, yang dicantumkan di peta maritim Australia dan dunia serta di Google Earth dan Google Maps, ternyata tidak ada. Demikian kata para ilmuwan Australia.
Pulau kecil yang disebut Sandy di peta Google terletak di tengah-tengah antara Australia dan Kaledonia Baru yang dikuasai Prancis.
Para ilmuwan dari Universitas Sydney yang mengunjungi kawasan itu mengatakan mereka hanya menemukan perairan di Lautan Coral itu.
Pulau ini dicantumkan di berbagai penerbitan paling tidak dalam sepuluh tahun terakhir.
Maria Seton, ilmuwan yang ikut serta dalam kunjungan ke kawasan itu, mengatakan, tim peneliti memperkirakan akan menemui daratan dan bukan lautan sedalam 1.400 meter.
"Kami ingin meneliti karena peta navigasi di kapal menunjukkan perairan sedalam 1.400 di kawasan itu sangat dalam," kata Dr Seton dari Universitas Sydney kepada kantor berita AFP setelah perjalanan selama 25 hari.
Kesalahan orang
"Di Google Earth dan peta lain juga tertera sehingga kami ingin memeriksa dan tidak ada daratan. Kami sangat bingung," kata Seton.
"Bagaimana kawasan ini bisa masuk dalam peta? Kami tidak tahu, tetapi kami ingin mencari tahu," tambahnya.
Koran-koran Australia melaporkan pulau yang tidak terlihat itu terletak di perairan Perancis, tetapi tidak tercantum dalam peta Pemerintah Prancis.
Badan Hidrografi Australia yang memproduksi peta bahari negara itu mengatakan, dicantumkannya pulau itu di Google Earth kemungkinan karena kesalahan orang yang tidak diperbaiki selama bertahun-tahun.
Seorang juru bicara badan Google mengatakan, mereka telah berkonsultasi dengan berbagai pihak saat menyusun peta.
"Dunia terus berubah dan terus memperbarui perubahan itu yang merupakan upaya yang tidak akan pernah berakhir," katanya.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar