Social Icons

Minggu, 21 Oktober 2012

Format pembuatan Asuhan Keperawatan

PROSES KEPERAWATAN

Proses keperawatan secara umum diartikan sebagai pendekatan dalam pemecahan masalah yang sistematis untuk memberikan asuhan keperawatan terhadap setiap orang. Adapun karakteristik dari proses keperawatan antara lain: Merupakan kerangka berpikirdalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien, keluarga, dan komunitas. Bersifat teratur dan sistematis. Bersifat saling bergantung satu dengan yang lain Memberikan asuhan keperawatan secara individual klien menjadi pusat dan menghargai kekuatan klien Dapat digunakan dalam keadaan apapun Dalam proses keperawatan terdapat empat tahapan yaitu: 

 •1. Pengkajian Pada dasarnya tujuan pengkajian adalah mengumpulkan data objektif dan subjektif dari klien. Adapun data yang terkumpul mencakup klien, keluarga, masyarakat, lingkungan, atau kebudayaan. (Mc Farland & mc Farlane, 1997) Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan selama pengkajian antara lain: Memahami secara keseluruhan situasi yang sedang dihadapi oleh klien dengan cara memperhatikan kondisi fisik, psikologi, emosi, sosialkultural, dan spiritual yagn bisa mempengaruhi status kesehatannya. Mengumpulkan semua informasi yang bersangkutan dengan masa lalu, saat ini bahkan bahkan sesuatu yang berpotensi menjadi masalah bagi klien guna membuat suatu database yang lengkap. Data yang terkumpul berasal dari perawat-klien selama berinteraksi dan sumber yang lain. (Gordon, 1987;1994) Memahami bahwa klien adalah sumber informasi primer. Sumber informasi sekunder meliputi anggota keluarga, orang yang berperan penting dan catatan kesehatan klien. Metode pengumpulan data meliputi : Melakukan interview/wawancara. Riwayat kesehatan/keperawatan Pemeriksaan fisik Mengumpulkan data penunjang hasil laboratorium dan diagnostik lain serta catatan kesehatan (rekam medik). 

 •2. Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan adalah menganalisis data subjektif dan objektif untuk membuat diagnosa keperawatan. Diagnosa keperawatan melibatkan proses berpikir kompleks tentang data yang dikumpulkan dari klien, keluarga, rekam medik, dan pemberi pelayanan kesehatan yang lain. The North American Nursing Diagnosis Association (NANDA, 1992) mendefinisikan diagnosa keperawatan semacam keputusan klinik yang mencakup klien, keluarga, dan respon komunitas terhadap sesuatu yan berpotensi sebagai masalah kesehatan dalam proses kehidupan. Dalam membuat diagnosa keperawatan dibutuhkan ketrampilan klinik yang baik, mencakup proses diagnosa keperawatan dan perumusan dalam pembuatan pernyataan keperawatan. Proses diagnosa keperawatan dibagi menjadi kelompok interpretasi dan menjamin keakuratan diagnosa dari proses keperawatan itu sendiri. Perumusan pernyataan diagnosa keperawatan memiliki beberapa syarat yaitu mempunyai pengetahuan yang dapat membedakan antara sesuatu yang aktual, risiko, dan potensial dalam diagnosa keperawatan. 

 •3. Intervensi Intervensi keperawatan adalah preskripsi untuk perilaku spesifik yang diharapkan dari pasien dan/atau tindakan yang harus dilakukan oleh perawat. Intervensi dilakukan untuk membantu pasien dalam mencapai hasil yang diharapkan. Intervensi keperawatan harus spesifik dan dinyatakan dengan jelas. Pengkualifikasian seperti bagaimana, kapan, di mana, frekuensi, dan besarnya memberikan isi dari aktivitas yang direncanakan. Intervensi keperawatan dapat dibagi menjadi dua yaitu mandiri yaitu dilakukan oleh perawat dan kolaboratif yaitu yang dilakukan oleh pemberi perawatan lainnya. 

 •4. Evaluasi Evaluasi mengacu kepada penilaian, tahapan, dan perbaikan. Pada tahap ini perawat menemukan penyebab mengapa suatu proses keperawatan dapat berhasil atau gagal. (Alfaro-LeFevre, 1994) Perawat menemukan reaksi klien terhadap intervensi keperawatan yang telah diberikan dan menetapkan apa yang menjadi sasaran dari rencana keperawatan dapat diterima.Perencanaan merupakan dasar yang mendukung suatu evaluasi. Menetapkan kembali informasi baru yang diberikan kepada klien untuk mengganti atau menghapus diagnosa keperawatan, tujuan, atau intervensi keperawatan. Menentukan target dari suatu hasil yang ingin dicapai adalah keputusan bersama antara perawat dank lien (Yura & Walsh, 1988) Evaluasi berfokus pada individu klien dan kelompok dari klien itu sendiri. Proses evaluasi memerlukan beberapa keterampilan dalam menetapkan rencana asuhan keperawatan., termasuk pengetahuan mengenai standar asuhan keperawatan, respon klien yang normal terhadap tindakan keperawatan, dan pengetahuan konsep teladan dari keperawatan. 

DAFTAR PUSTAKA Chase, S. (1994). Clinical Judgement by critical care nurse: An ethnographic study. In R. M. Carroll-Johnson 7 Pacquette (Eds), Classification of nursing diagnosis: Proceedingof the ninth conference, North American Nursing Diagnosis Association (pp. 367-368). Philadelphia: J.B. Lippincott. Lunney; M. (1992). Divergent productie thinking factors and accuracy of nursing diagnoses. Research in Nursing and Health, 15(4), 303-312.
»»  READMORE...

Ivan 'Slank' Naik Tingkat Gara-gara Reggae

Ivan dan Cozy Republic (ebi/hot) Jakarta - Ivan sang pembetot bass merasa baru naik tingkat dalam bermusik. Ia baru saja merampungkan proyek sebagai produser sebuah band reggae bernama Cozy Republic.
"Gue rasa dalam musik, gue naik satu tingkat karena gue yang produseri," ujar Ivan ditemui Pisa Cafe, Jl. Gereja Santa, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/4/2008). Awalnya Ujie (vokal), Edmond (kibord), Sany (bass), Renold (gitar), Adi (flute/perkusi) dan Gannes (drum) sering bertandang ke markas besar Slank di Potlot. Lama-lama Ivan jatuh cinta pada musik Cozy Republic yang dinilainya sebagai musik bebas dan luar biasa. "Banyak orang yang bilang musik reggae itu musik minoritas. Tapi gue suka itu. Ibaratnya kalau banyak orang mancing di pemancingan yang sama, gue mancing di pemancingan beda. Yang akan mendapatkan ikan yang banyak," jelas Ivan. Diproduseri Ivan, Cozy Republic merilis album perdananya yang diberi tajuk 'Republik Uye'. Mereka pun memilih 'Hitam dan Putih' sebagai lagu andalan. Bagaimana dengan Slank? Tak takut dbilang selingkuh? "Udah deh Slank mah gampang, yang penting gue balik dengan sesuatu yang tajam," kilahnya cuek. (yla/yla)
»»  READMORE...

Cozy Republik Ikuti Jejak Slank Jualan Lagu via HP

Cozy Republik (Nugraha/detikhot) Jakarta - Slank lumayan sukses menjual album ke-18 lewat ponsel Nexian. Kini band reggae Cozy Republik pun mengikuti jejak Slank jualan lagu di ponsel. Band yang digawangi Bastian (vokal), P'nyot (gitar), Uvi (drum), Rival (bass) dan Indha (kibord) itu belum mau membuka merek ponselnya. Namun rilis akan dilakukan dalam waktu dekat. "Yang jelas namanya bakal yang berbau reggae tentunya. Persiapan sudah matang, tinggal menunggu launching aja," ujar Bastian, sang vokalis, ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Setelah rilis, pelantun hits 'Hitam Putih' itu pun siap melakukan tur. Tur mereka akan meliputi daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. "Tidak berhenti hanya sampai di situ saja, masih ada sekitar 50-an kota lagi yang bakal disampangi kami, seperti kota-kota di Kalimantan dan Sulawesi," jelasnya. (yla/yla)
»»  READMORE...

Di Album Kedua, Cozy Republic Bermusik Lebih Total

Di Album Kedua, Cozy Republic Bermusik Lebih Total 
Minggu, 21/10/2012 16:16 WIB Cozy Republic (Devy/detikHOT)
Jakarta - Dunia musik sepertinya tak pernah habis melahirkan musisi baru. Belakangan muncul lagi band Cozy Republic yang siap meramaikan peta musik tanah air. Terbentuk sejak 2008, band beranggotakan Cozy Bastian (vokal, gitar), Inda (keyboard), juga Luthfi (drum) ini kini telah rampung merilis album kedua mereka. Ketimbang album pertama mereka, kali ini mereka mengaku lebih puas menggarap album kedua. Cozy mewakili teman-teman satu band-nya mengungkapkan, segala ide dan keinginan mereka lebih total tersampaikan di album ini. "Kita jauh lebih puas di album kedua ini, ketimbang album pertama yang kami rasa masih konvensional," ujar Cozy Republic saat ditemui di studio di bilangan Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (20/10/2012) malam. Sempat berganti label rekaman sebelumnya, melalui label yang saat ini yang menaungi mereka yakni N02, memang mendukung pendapat ketiga personil Cozy Republic dalam menegaskan genre musik reggae yang mereka bawa. "Engga ada campur tangan dari label kita, N02. Itu yang penting buat kita sebagai musisi," tandas Cozy Republic.
»»  READMORE...

Hengkang, Gitaris Cozy Republic Bikin Single ReligiHengkang, Gitaris Cozy Republic Bikin Single Religi

Hengkang, Gitaris Cozy Republic Bikin Single Religi.
Hengkang, Gitaris Cozy Republic Bikin Single Religi Reynold Pnyot @foto: KapanLagi.com®/Ruswanto Kapanlagi.com - Musik memang bahasa universal. Seorang musisi tentunya tak mau dibatasi dalam satu lingkup jenis musik tertentu. Seperti halnya Reynold Pnyot. Pria yang akrab disapa Pnyot Cozy ini adalah mantan gitaris dari band reggae, Cozy Republic. Lama berkutat di jenis musik yang dipopulerkan oleh Bob Marley itu, Pnyot tak surut langkah untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Bahkan bisa dibilang 180 derajat perbedaannya. Setelah hengkang, Pnyot mencoba peruntungan di sebuah lagu religi berjudul Bahagia Sampai Mati. "Di sini saya mencoba untuk membawakan sendiri lagu ciptaan saya. Single ini merupakan single yang terkompilasi dalam album religi Sinar Kebersamaan yang di produksi oleh Daarul Quran,” ucap Pnyot saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan (23/8) Tak tanggung-tanggung, di lagu di mana dirinya menjadi vokalis sekaligus gitaris ini, Pnyot menggaet musisi kenamaan tanah air seperti Didit Saad (gitaris Plastik/Queen and Fireworks) dan Indra Qadarsih (BIP). "Single Bahagia Sampai Mati itu masih berwarna Pop dengan balutan irama reggae dengan nuansa adem. Jadi ini adalah reggae bahagia. Saya yakin musiknya akan mudah diterima, karena ini adalah single religi yang universal," tukas Pnyot. Hal tersebut terbukti dengan angka penjualan dari album yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan BUMN Pertamax ini sudah terjual 18 ribu copy dalam waktu yang sangat singkat. Rencananya album ini akan dicetak lagi sebanyak 50 ribu copy. "Saya merasa karya saya akan sangat berguna buat banyak orang dan Insya Allah jadi berkah untuk semua pendengarnya yang mau Bahagia Sampai Mati," pungkasnya. (kpl/ato/adb) 
»»  READMORE...

Cozy Republik Curhat Lewat Bidadari

Sumber : kapanlagi.com
Cozy Republik Curhat Lewat Bidadari Minggu, 21 Oktober 2012 15:31 | Cozy Republic
Cozy Republik Curhat Lewat Bidadari Cozy Republik @ Foto: KapanLagi.com 
Kapanlagi.com - Sekian lama menghilang, tiba-tiba band Cozy Republik muncul kembali dengan singel anyarnya, Bidadari. Pengambilan video klip lagu tersebut dilakukan di Studio Gaharu, Cipete, Jakarta, Sabtu (20/10). Mengenai isi lagu itu sendiri Cozy Bastian hanya memberikan sedikit bocoran. Menurutnya lagu tersebut merupakan curahan hati tentang makhluk ciptaan Tuhan. "Bahwa kami sangat menghargai akan ciptaan Tuhan, khususnya kaum wanita yang diciptakan untuk menemani kaum pria. Ini lagu tentang curahan hati. Kami menceritakan sisi baiknya," tutur vokalis yang juga penulis lagu itu. Untuk musik, dia menyatakan masih tetap mengusung reggae. Pasalnya musik tersebut merupakan idealisme yang disepakati sejak band ini berdiri. Apalagi kini mereka mendapat dukungan dari label baru, N02. "Reggae itu mengandung fanatisme dan label N02 ternyata bisa bebasin kami untuk bikin album yang kita mau," imbuhnya lalu tersenyum. (kpl/ato/dis/dew)
»»  READMORE...

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tiga Periode Musik Ska!

Tiga Periode Musik Ska! "Ska itu enerjetik, semangat, liar, penyuh senyum, dan lebih danceable..".

Ska adalah genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1950-an, dan merupakan pendahulu Rocksteady dan Reggae. Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan RnB dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass yang dominan di Jamaika dan populer di kalangan para Mod di Inggris. Musik ini kemudian populer di kalangan Skinhead. Sejarah ska umumnya di bagi menjadi tiga periode: ska asli dari Jamaika, ska 2 Tone di Inggris dan ska punk yang populer di Amerika Serikat. 

1. Gelombang Pertama Ska Tradisional di Jamaika 1960-an The Skatalites
Saat itu tgl 5 agustus 1962, saat Inggris memberi kemerdekaan pada Jamaika setelah selama 300 tahun di jajah oleh negara Ratu Elizabeth 2 itu. Berbarengan dengan perayaan kemerdekaan Jamaika itu muncul sebuah jenis musik baru yg disebut Ska. Ska sendiri sebenarnya sudah dirintis perkembangannya semenjak di era 50-an dulu, karena itu ada baiknya kita flash back ke era itu. Ska adalah genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1950-an, dan merupakan pendahulu Rocksteady dan Reggae. Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan RnB dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass yang dominan di Jamaika dan populer di kalangan para Mod di Inggris. Musik ini kemudian populer di kalangan Skinhead. Sejarah ska umumnya di bagi menjadi tiga periode: ska asli dari Jamaika, ska 2 Tone di Inggris dan ska punk yang populer di Amerika Serikat. Tahun 50-an adalah masa di mulainya era musik modern Jamaika, era itu di mulai dengan sebuah budaya yang sangat unik dan hanya ada di Jamaika sampai saat ini, yaitu era Sound System. Di namakan era sound system karena satu-satu nya jalan bagi kalangan kelas bawah yang merupakan mayoritas di sana untuk mendengarkan musik saat itu adalah melalui sound system. Caranya adalah dengan memutar piringan hitam musik Jazz, Motown Soul dan RnB Amerika di seperangkat alat pemutar piringan hitam dan untuk pengeras suaranya dipakai seperangkat pengeras suara / sound system. Biasanya hal itu di lakukan di pesta-pesta yang di gelar di jalanan, jadi benar-benar musik jalanan untuk kaum bawah yang haus hiburan tapi tidak bisa datang ke klub-klub malam yang mahal dan mewah atau pergi liburan ke tempat-tempat wisata seperti Miami, pokoknya benar-benar lower class entertainment. Tetapi bukan berarti permintaan akan LIVE musik tidak ada.Pada mulanya para musisi Jamaika hanya memainkan lagu-lagu Jazz dan RnB seperti Fat Domino, Louis Jordan dan Ray Charles, sampai akhirya mereka merasa perlu untuk membuat lagu sendiri dengan cara meniru gaya bermusik artis RnB di Amerika, terutama gaya bermusik Boogie Rock ala New Orleans. Namun Pada kenyataannya para musisi seperti Laurel Aitken dan Skatalites gagal meniru gaya yang seperti itu, yang terjadi adalah mereka malah menciptakan gaya musik baru yg merupakan penggabungan dari musik Jazz dan RnB Amerika dengan musik traditional Jamaika yaitu Calypso dan Mento, dan hasilnya adalah sebuah formulasi musik yg di kenal sebagai ska. Era ska berlangsung dari tahun 1962 sampai tahun 1966 saat ska berubah tempo-nya menjadi sedikit lebih lambat dan nge-Soul, tempo dan gaya ini di sebut Rocksteady, nah…. Rocksteady inilah yg kemudian berevolusi lagi menjadi musik yg saat ini di kenal dunia sebagai Reggae. Reggae mempunyai beat musik yang lebih santai dan calm dari kedua leluhurnya. 

2. Gelombang Kedua Ska 2 Tone di Inggris 1970-an The Specials
2 Tone yaitu sub genre ska yang di mulai pada akhir tahun 1970 di daerah sekitar kota Coventry, Inggris, adalah perpaduan dari irama ska Jamaika dan melodi dengan lirik dan akord gitar punk rock yang lebih agresif. 2 Tone sendiri adalah label rekaman yang di dirikan oleh Jerry Dammers dari The Specials. Dalam banyak kasus, pengerjaan ulang dari lagu-lagu klasik Ska mengubah lagu asli menjadi hit di inggris. Gerakan 2 Tone di lakukan juga pada saat terjadi ketegangan rasial yang tinggi di Inggris. Lagu khusus "Ghost Town" contohnya adalah hit. Sebagian besar band Ska 2 Tone memiliki formasi multiras, seperti The Beat, The Specials, dan Selecter ini. Madness adalah salah satu band yang paling efektif untuk membawa 2 Tone ke mainstream. 

3. Gelombang Ketiga Ska Punk di Amerika 1990-an Suburban Legends
Pada awal tahun 1980-an, di pengaruhi oleh gelombang 2 Tone dari Inggris, band ska mulai terbentuk di seleruh Amerika Serikat, misalnya The Uptones dari Berkeley, Kalifornia, dan The Toaster dari New York City, yang merupakan band aktif pertama di Amerika bagian utara. Sementara banyak dari band-band ska awal Amerika terus dalam tradisi musik oleh 2 Tone dan kebangkitan kembali Mod, band seperti Fishbone, The Mighty Mighty Bosstones, dan Operation Ivy memulai subgenre Ska Punk Amerika, campuran musik Ska dan Punk Rock yang juga di pengaruhi juga oleh RnB. Dua tempat utama perkembangan musik ska di Amerika Serikat adalah di New York City dan Orange County, Kalifornia. Di New York, vokalis Toesters Robert "Bucket Hingley mendirikan studio rekaman independent Moon Ska Record pada tahun 1983. Label tersebut menjadi label rekaman musik ska independent terbesar di Amerika Serikat, mendistribusikan band-band pantai timur Amerika Serikat seperti The Slackers, The Scofflaws, dan The Pietasters. Sementara scene musik ska Orange County menjadi dasar perkembangan ska punk pertama, yang di usung oleh Reel Big Fish, No Doubt, dan Sublime. Inilah tepatnya musik "Ska Gelombang Ketiga" di perkenalkan oleh Tazy Phyllips (host dari acara radio Ska Parade). San Fransisco Bay Area juga berkontribusi terhadap perkembangan pesat musik Ska, seperti Skankin' Pickle, Let's Go Bowling dan Dance Hall Crashers. Pada tahun 1993, The Mighty Mighty Bosstones di tandatangani dengan Mercury Records, menjadi band ska Amerika pertama yang sukses secara komersial. Begitu juga Rancid, yang menampilkan mantan anggota Operation Ivy, merilis "Time Bomb" yang mencapai urutan #8 di Billboard Track Modern Rock, menjad hit ska pertama terbesar pada tahun 1990 dan memperkenalkan ska ke mata publik. Selama beberapa tahun berikutnya, serangkaian band ska papan atas termasuk "Spiderwebts" dari No Doubt, "Sell Out" oleh Reel Big Fish dan "The Impression That I Get" oleh The Mighty Mighty Bosstones, yang mendapat penghargaan platinum. Pada tahun 1996, gelombang ketiga musik ska adalah salah satu bentuk musik alternatif yang paling populer di Amerika Serikat.
»»  READMORE...