Social Icons

Sabtu, 24 November 2012

Tips memilih jimbe

Jimbe sanagt erat pada musik reggae, karena itu termasuk alat musik khas untuk Musik reggae. Kalau tidak ada Jimbe rasanya musik reggae kurang mantap menurut saya senidir. jadi ini sangat akan memberikan informasi Tips memilih Jimbe menurut Djimbe Indonesia.

1. Djembe Ukuran
Djembe Kadang-kadang, orang yang mencari djembe pertama mereka akan membeli drum, terkecil paling murah mereka dapat menemukan dan berharap untuk menjadi pemain profesional dalam waktu singkat. Tolong jangan membuat kesalahan ini! Djembes kecil yang fantastis untuk anak-anak, tetapi sebagai pemain dewasa Anda harus memilih untuk djembe dengan setidaknya 9 “-10″ diameter permukaan bermain dan 19 “-20″ tinggi. Tangan Anda membutuhkan ruang untuk mempelajari semua teknik mencolok berbeda dan mencoba untuk memainkan djembe yang secara signifikan terlalu kecil akan bekerja melawan Anda. Bagi banyak pemain, yang paling nyaman bermain djembe posisi, duduk di kursi, dengan kaki menjejak lantai dan djembe mengangkat sedikit di atas tanah sementara berlabuh antara kaki dan lutut. Dalam posisi ini, drum idealnya akan naik sekitar 2-3 inci di atas lutut Anda (jika jauh lebih rendah, lutut Anda akan hambatan sementara mencolok dan jika jauh lebih tinggi, lengan Anda akan dibangkitkan nyaman tinggi sementara mencolok). Sebuah djembe dengan “tinggi dan 11″ 24 -12 “permukaan bermain yang paling sering direkomendasikan untuk pemain dewasa. Djembe

2. Djembe Drum Bahan dan Konstruksi
Djembes djembe tradisional terbuat dari sepotong kayu (yaitu mahoni, lenke, dll) dan berkisar dari Intermediate / jammer untuk tingkat Profesional (Harap dicatat kategorisasi ini mengacu pada djembe kualitas konstruksi bukan pemain tingkat keterampilan) dan datang dalam berbagai ukuran. Djembes Kebanyakan kayu tali-tuned dan umumnya memiliki kepala kambing kulit. Banyak pemain seperti djembes kayu untuk mereka yang hangat, nada kaya Selain tradisional penampilan mereka diukir dengan tangan. Djembe

Djembes djembe juga dapat dibangun dari bahan sintetis, seperti djembes Fiberglass. Djembes fiberglass sering memiliki nada, lebih diperkuat beresonansi dengan bass yang lebih dalam. Akibatnya, banyak pemain lebih memilih ini saat melakukan sehingga djembe dapat didengar di antara instrumen lainnya. Pemain juga seperti djembes fiberglass untuk daya tahan mereka yang ekstrem dan ringan. Kualitas ini membuat untuk djembe seorang musafir yang ideal. Djembe

Djembe Dengan mengatakan bahwa, Anda harus memilih djembe paling cocok untuk preferensi Anda dan gaya hidup. Jika Anda orang yang suka banyak bass atau mungkin sering bepergian dengan djembe, Anda mungkin ingin mempertimbangkan djembe fiberglass. Jika Anda suka hangat, nada penuh dan melihat tangan ukiran tradisional, Anda harus mempertimbangkan djembe kayu. Djembe

3. Ramah Lingkungan Djembe
Djembe Ini sangat penting untuk mempertimbangkan sumber kayu djembe Anda. Apakah kayu yang digunakan untuk membuat djembe “Lacey Act” compliant? Pembelian barang yang terbuat dari kayu ilegal sangat berbahaya bagi ekosistem dunia pada umumnya, dan memberikan lebih banyak merugikan ke Alam Ibu dari ritme Anda bermain pada drum diukir dari itu pernah akan menguntungkan Anda sebagai pemain. Djembe

Djembe Apapun perusahaan yang Anda membeli dari, pastikan kayu yang digunakan adalah Lacey Act compliant, dipanen secara lestari. Jangan pernah membeli dari perusahaan yang tidak dapat mendukung hal ini. Jika drum terdengar terlalu murah, mungkin adalah. Terutama di Ebay Anda akan melihat ukiran knock-off dari drum yang muncul mirip dengan produk yang sah, tetapi terbuat dari kayu yang dipanen secara ilegal. Tidak hanya drum rendah dalam kualitas, mereka juga meninggalkan jejak ekologis yang berkelanjutan. Djembe.

4. Kepala djembe
Djembes djembe Kebanyakan kayu memiliki kepala kambing kulit. Djembes gaya jammer kayu telah memperlakukan kulit kepala kambing, dan djembes kayu profesional memiliki kepala kambing kulit yang tidak terawat, menyediakan jangkauan tonal yang lebih baik dan bass meningkat.

Banyak fiberglass drum juga memiliki kepala kambing kulit, tetapi lebih sering daripada tidak, mereka akan dilengkapi dengan kepala sintetis. Jika Anda memutuskan untuk memilih djembe sintetis berkepala, perlu diingat bahwa tidak semua kepala sintetis diciptakan sama! Beberapa kepala sintetik terdiri dari plastik keras, sehingga terdengar sebuah drum yang sangat nyaring. Kepala sintetis lainnya memiliki perasaan, lebih realistis lunak.

Fiberglass djembe Drum dibuat oleh merek, “Drum Kebebasan,” memiliki kepala FiberSkin sintetis, yang terlihat dan merasa sangat mirip dengan kulit kambing, tapi mempertahankan nada mereka lebih lama, yang membawa kita ke titik berikutnya …

5. Djembe Tuning
Djembe Ada dua jenis sistem tala; Kunci-Tuned Djembes dan tali-Tuned Djembes. Kunci-tuned djembes biasanya sintetis dan termasuk kunci inggris tala yang memungkinkan Anda untuk mengencangkan lugs sekitar kepala djembe dan pada gilirannya membuat peregangan kulit lebih ketat kepala. Kunci-Tuned djembes sedikit lebih nyaman untuk pemula, namun Anda akan mengorbankan jumlah sedikit kualitas suara, sebagai sistem tali-tuning memegang kulit di tempat yang sedikit lebih ketat.

Djembe Tuning sebuah djembe tali-tuned melibatkan proses yang disebut “Mali Weave” yang merupakan proses tenun tali tala ekstra di sekitar kepala djembe dalam pola berlian, sehingga menciptakan ketegangan lebih ketat pada kulit. Para Weave Mali sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang terlihat, dan sesuatu yang akhirnya Anda harus belajar sebagai pemain. Ada banyak sumber daya bermanfaat dan video tala djembe di internet yang menunjukkan bagaimana menyetel drum tali-tuned djembe. Jika Anda bersedia untuk mempelajari proses yang relatif sederhana, Anda akan menemukan sebuah drum memiliki tali-tuned djembe cukup bermanfaat. Sehubungan dengan tuning frekuensi, ini sebagian besar tergantung pada kondisi di mana Anda menyimpan djembe Anda dan preferensi suara anda. Jika Anda ingin djembe Anda untuk mempertahankan lagu nya lagi, yang terbaik untuk tetap dalam ruangan dan dalam sebuah kasus. Jika Anda lebih suka suara ketat, Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda ingin menyetel lebih sering.

6. Djembe Tuning Rope
Djembe ini merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan jika Anda telah memutuskan untuk memilih djembe tali-tuned. Sama seperti kepala djembe, tidak semua tali tala djembe diciptakan sama. Kualitas rendah pada djembe tali benar-benar dapat membuat suara yang dinyatakan nominal drum yang sangat baik sub. Ketika memilih djembe tali-tuned, pastikan bahwa tali yang digunakan adalah internal dikepang dan non-peregangan. Hal ini memungkinkan tuning untuk tinggal di tempat. Jika tali yang digunakan adalah elastis dan lebih mirip dengan benang, semua pekerjaan yang Anda dimasukkan ke dalam tala itu akan sia-sia, dan Anda akan menemukan diri Anda dengan drum yang terdengar selamanya out-of-tune. Idealnya, tali akan dibuat dari bahan nilon atau polyester, akan antara 4 dan 5 mm lebar, dan tidak akan memutar atau spiral.

7. Djembe Biaya
Djembe Seperti disebutkan sebelumnya, itu penting untuk tidak memilih djembe, terkecil termurah Anda dapat menemukan dan mengharapkan instrumen besar-performing. Dengan mengatakan bahwa, bagaimanapun, masih mungkin untuk mendapatkan djembe berkualitas tinggi tanpa melanggar anggaran Anda.

Untuk pemain tidak begitu peduli dengan ketidaksempurnaan estetika seperti penyok ringan, goresan, wilayah kecil diisi dengan lem kayu, perubahan warna kulit sedikit, dll, ada peluang tambahan untuk menghemat besar tanpa mengorbankan kualitas kinerja atau suara. Pemain pemula akan sering menemukan bahwa instrumen mereka mungkin menjadi sedikit lecet selama proses bermain pula, sehingga dapat menguntungkan Anda untuk menerima atau bertanya tentang diskon djembes bernoda. Djembe
»»  READMORE...

Sejarah musik Rocksteady

"My boy lollipop" yang dibawakan oleh Millie Small adalah cover version dari lagu bercorak R&B milik Barbie Gaye, menjadi lagu favorit generasi Mods di Inggris. Bagi mereka, pilihan musik adalah 'soul', disamping itu mereka menyukai ska dengan cara berpakaian ala 'Rudeboy'. Beberapa tahun kemudian, diantara mereka yang menjadi 'Skinhead' meniru gaya penampilan tersebut. Terjadi suatu hubungan antara ras kulit putih dengan ras kulit hitam. Baik Skinhead ataupun Rudeboy, kedua-duanya adalah 'kelas pekerja' yang mempunyai gaya hidup sendiri.
Fenomena Rudeboy bermula dari Jamaika yang kemudian menyebar ke daratan Inggris. Adalah pemuda-pemuda pengangguran yang lahir di kota Kingston setelah masa kemerdekaan. Tanpa pekerjaan & uang mereka tinggal di wilayah 'ghetto' seperti Trenchtown & Riverton city Terkadang mereka membentuk 'gang' & terjun kedunia kriminal. Rudeboy hidup dalam lingkungan masyarakat pinggiran & mengekspresikan diri mereka dengan cara berpakaian serta gaya berdansa  yang khas. Ska, dengan ketukan tempo yang cepat membutuhkan cukup energi untuk berdansa. Tetapi Rudeboy tidak begitu menyukai gaya berdansa yang terlalu cepat. Mereka biasanya  berdansa dengan setengah ketukan tempo irama ska. Oleh karena itu, ska berubah untuk mengakomodasikannya.

lahirlah Rocksteady

Musik ska berubah. Pada tahun 1966 hampir setengah dekade, saat dimana musik ska berkembang, tetapi tidak untuk irama dasar dan aransemennya. Masih dengan definisi 'Offbeat' & pola permainan bass 'free walking style'. Konsep rocksteady membawa ide baru untuk ska. Iramanya begitu eksperimental & lebih pelan. Adalah Hopeton Lewis yang membawakan lagu "Take it easy" dalam bentuk ska tetapi tidak dapat menemukan bentuk irama yang pas, kemudian ia bawakan  dalam tempo irama yang pelan. Dan ketika aransemen telah selesai, seorang teman mengatakan, "That's rock steady man, that's rockin' steady" dan begitulah nama rocksteady pun lahir.

Topik tentang Rudeboy terus berlanjut sepanjang periode ska & mencapai puncak popularitas pada musim panas 1964. Beat ska menjadi pelan & rocksteady pun lahir. Memaksa para 'dancers' untuk berdansa lebih pelan. 'Slow to rock'. Ada juga yang berpendapat bahwa rocksteady lahir dari ketidakpuasan para musisi terhadap ska & pencarian sesuatu yang baru. Apapun alasannya, rocksteady lahir untuk berbeda dengan ska. Dengan 'memutus' ritme ska, memberikan efek pola permainan bass untuk bermain lebih terangkai (cluster), ketimbang permainan bass pada irama 
ska yang berpola linier (continuous line).

Tak diragukan corak irama baru ini terbukti menjadi populer ("Take it easy" terjual 10.000  kopi hanya dalam waktu satu minggu). Sebagian karena irama ini tergolong baru & juga para  'dancers' tidak perlu mengeluarkan banyak energi. Oleh karena itu mereka dapat bertahan lama di 'dance floor'.

Walaupun ska menyebar di Inggris, namun ska tidak bertahan lama hingga rocksteady menjadi populer. Disebabkan oleh 2 hal yaitu, berdirinya lisensi 'Trojan Records' (record label dari Jamaika) & para musisi yang mencoba menerapkan bentuk baru tersebut.

Orang pertama yang mempopulerkan rocksteady di Inggris adalah Desmond Dekker (nama asli:  Desmond Dacres) sebelumnya ia bergabung lama dengan Leslie Kong, hingga pada tahun 1967 ia  memutuskan untuk solo & mencetak hit pertamanya, "007 (Shanty town)".Adalah salah satu  diantara lagu-lagunya yang banyak mempengaruhi 'Judge Dread'. Di Inggris singlenya  (dirilis oleh Trojan Records) mencapai chart lagu #12 & terus bertahan menjadi hit hingga  memasuki tahun 1969. Pada saat itu pula di Jamaika sedang dilanda 'demam' Reggae.  Hit Desmond Dekker yang paling populer adalah "Israelites" mencapai puncak chart lagu #1  di Inggris, Kanada, Swedia, Jerman Barat, Belanda, Afrika Selatan & menjadi hit pertamanya  pada chart lagu di Amerika #9.

Rocksteady tidak hanya menurunkan tempo, tetapi juga mengalihkan penekanan pada alat tiup kearah gitar dan vokal. Singkop ketukan yang 'jumpy' menjadi kurang tegas. Hingga menghasilkan versi sound yang lebih rileks dari 'American soul'. Tiga contoh utama untuk sound baru ini adalah Delroy Wilson dengan "Dancing mood", The Gaylads dengan "Stop making love", dan  tentunya Desmond Dekker dengan "Israelites" & "007 (Shanty town)". Kesemuanya mencirikan  gaya rocksteady, sound yang lebih mirip dengan 'American soul' & gospel ketimbang irama  ska 'riang gembira' yang nuansanya mengadaptasi dari gaya New Orleans. Walaupun demikian,  para musisi Jamaika masih terpengaruh oleh pop gaya Amerika & Eropa untuk terus mengadaptasi
& mengembangkan bentuk-bentuk tersebut kedalam tradisi & idealisme bermusik mereka.

Seiring dengan pertumbuhan gerakan Skinhead, popularitas Mods pun memudar. Hingga  rocksteady pun berkembang menjadi reggae. Tiba di Inggris, musik ini dikenal dengan sebutan  'Skinhead reggae'. Puncak popularitas rocksteady amat singkat, paling tidak di Jamaika. Bagaimana pun, hanya berlangsung antara pertengahan tahun 1966 hingga akhir 1967. Menurut  Morgan, salah seorang musisi, "Kami tidak menyukai nama 'rocksteady', jadi kami mencoba untuk membuat versi yang berbeda dari lagu "Fat man" (salah satu lagu yang menjadi hit diawal  karirnya)". Beat pun diubah dengan menggunakan tambahan organ untuk memberi nuansa pada irama. Bunny Lee sang produser menyukai versi baru tersebut. "Ia menciptakan sound dengan
organ & ritem gitar. Sound-nya seperti 'reggae,reggae'". Istilah tersebut keluar begitu saja. Bunny Lee pun mulai menggunakan istilah tersebut dan kemudian seluruh musisi mengikutinya. Ada pula yang berargumen bahwa 'reggae' diambil dari judul lagu The Maytals di tahun 1968 berjudul "Do the Reggay".

"Ada beberapa penulis musik yang secara keliru mengatakan bahwa ska & rocksteady berubah menjadi reggae. Bahwa sebenarnya reggae adalah bagian yang memisah dari keduanya. Ketukan ska adalah 'shuffles', sedangkan irama reggae lebih pelan, lebih lincah & lebih tercirikan oleh permainan perkusi. Dan juga reggae lebih berorientasi pada vokal, sedikitnya lebih enak untuk di dengar dari pada untuk berdansa. Liriknya pun lebih politis ketimbang ska
ataupun rocksteady".

»»  READMORE...

Sejarah musik DUB

Musik dub mulai di Jamaika reggae studio produksi pada akhir tahun 1960. Reggae dub versi awalnya dibuat untuk alasan kreatif dan ekonomi: mereka tidak membutuhkan tambahan sesi studio dan mereka diperlukan penemuan dan eksperimen untuk menciptakan sesuatu yang baru dari trek yang ada. Pengaturan ini dimungkinkan karena tidak meratifikasi Jamaika Konvensi Berne untuk Perlindungan Karya Sastra dan Seni ketika memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1962, yang memungkinkan seniman untuk kreasi ulang musik tanpa masalah hak cipta sampai tahun 1994.
Ruddock Osbourne, AKA Raja gendut, secara luas dikreditkan sebagai penemu musik dub, meskipun tindakan kreatif adalah hasil dari kebetulan dan bukan upaya yang disengaja. Bakat paralel Nya untuk seni dan ilmu musik memungkinkan dia untuk menguasai bentuk: 40 tahun kemudian, album menjuluki Raja gendut musiknya masih yang terbaik.
Pada tahun 1968, Raja gendut telah menggunakan latar belakang di televisi dan perbaikan stereo untuk membuat sendiri sistem suara disebut Hi Suara Fi. Hi Fi Suara terkenal di seluruh Jamaika karena kemampuan unik gendut untuk menambahkan efek echo dan reverb untuk rekaman nya melalui rekaman sendiri buatan tangan dan teknologi produksi. Dia juga bekerja untuk Duke Reid, salah satu suara operator atas Jamaika sistem reggae dan produsen, sebagai pemotong master di Pulau Harta Karun Studios. Dalam peran tersebut, Raja gendut potong satu-off rekaman acetate untuk penggunaan eksklusif oleh sistem suara Reid, sebuah proses yang dikenal sebagai "dubbing". Selama satu sesi, gendut sengaja lupa untuk menyertakan vokal lagu pada rekaman. Ketika ia bermain kembali kesalahan, ia memutuskan ia menyukai Riddim dilucuti-down. Tak lama kemudian, ia mengambil asetat ke pesta dansa. Dia pertama kali memainkan "benar" rekaman dengan vokal pada sistem sound-nya, kemudian diikuti dengan lagu baru nya, murni instrumental. Orang banyak pergi liar dan musik dub lahir.
Raja gendut itu Hi Fi menjadi terkemuka menjuluki Jamaika sound system, sebagai teknologi yang memungkinkan dia untuk menciptakan "versi" dari lagu-lagu reggae populer yang mengambil kehidupan mereka sendiri dengan remizing tambahan dan echos unearlthly dan reverb penekanan irama. Pada tahun 1972 gendut mendirikan studio rekaman sendiri di mana ia mampu membangun dan bereksperimen dengan array pertumbuhan perangkat efek. Selama waktu ini ia juga mulai berkolaborasi dengan Lee "Scratch" Perry, Bunny Lee, dan lain-lain.
Sebagai popularitas gendut tumbuh saingan nyata pertama yang muncul dalam bentuk Errol Thompson, sound engineer untuk label Joe Gibbs 'Amalgamated. Gibbs telah Thompson membuat versi instrumental dari single nya pada 'album B-side, sehingga dalam praktek yang masih umum pada single reggae hari ini: sisi A mencakup vokalis sementara sisi B adalah versi instrumental yang disebut dub Gibbs. Album vokal-bebas pertama reggae dub adalah " The Undertaker , "dirilis pada tahun 1970 dan direkayasa oleh Errol Thompson, dengan musik dan efek suara dengan Derrick Harriot dan Crystalites.
Thompson menjuluki kreasi dibatasi oleh peralatan sekalipun. Sementara ia digunakan tombol untuk tiba-tiba pindah trek dan mematikan, gendut telah menemukan fader analog, reverb, dan equalizer untuk menciptakan suara baru yang radikal.
Sebagai musik dub berkembang melalui tahun 1970-an, gendut semakin diperlakukan peralatan sebagai instrumen musik improvisasi. Gemuk mulai bekerja secara langsung dengan musisi reggae, membentuk hubungan erat dengan Kelinci "Striker" Lee dan Lee "Scratch" Perry dan band-nya The Aggrovators. Musisi ini disediakan gendut dengan ratusan irama, atau riddims, sering macet sementara gendut bekerja ajaib menjuluki-Nya bersama mereka, rekaman dan remixing musik mereka dalam sesi studio hidup. Gemuk menjadi konduktor dan pasangannya band, menyuntikkan sampel, nada tes, dan lebih ke dalam trek saat membentuk kembali mereka dengan loop, reverb, dan gema. Gemuk terkenal melanda unit reverb musim semi dengan tangannya untuk membuat petir bergema.
Sepanjang awal 1970-an, studio reggae mulai bersaing satu sama lain, merilis versi dub semakin lebih inovatif. Pada tahun 1973, hubungan Raja gendut dengan Lee "Scratch" Perry memuncak dalam Blackboard Jungle Dub, album dub-hanya mani, menandai awal pengakuan menjuluki sebagai sebuah genre musik yang berbeda. Blackboard Jungle adalah menjuluki stereo album yang masih terhitung di antara terbaik di genre. Pada pertengahan 1970-an Raja gendut dirilis Dikelilingi Dengan rambut gimbal di Arena Nasional dan Raja gendut Bertemu Upsetter The At The Grass Roots Of Dub, menetapkan dirinya sebagai musisi dub utama, produsen, dan inovator.
Selain menciptakan bentuk musik dub, gendut juga menciptakan generasi berikutnya dari seniman menjuluki besar, pelatihan Lee Scratch Perry, Pangeran Phillip Smart, Lloyd "Pangeran Jammy" James, dan Overton "Ilmuwan" Brown di studio dub nya produksi. Pangeran Jammy melanjutkan untuk membentuk label Imprint dan menjadi produsen terkemuka menjuluki Jamaika Ilmuwan kemudian menjadi seniman terkemuka dub, pada gilirannya pelatihan Profesor Mad..
Pada tahun 1985, Raja gendut membangun sebuah studio baru dan dirilis Temper Anthony Red Rose 's hit. Di ambang memimpin gelombang baru inovasi menjuluki melalui '80 dan seterusnya, gendut ditembak dan dibunuh di luar studionya pada tahun 1986. Identitas pembunuh dan motif tetap menjadi misteri saat ini.
»»  READMORE...

Tips merawat rambut gimbal

Sebenarnya admin blum pernah merasakan di gimbal. tapi ingin tahu juga tetang tips merawat rambut gimbal. Mungkin anda juga ingin tahu, inilah bebrapa tips yang telah saya temukan.

1. Para pakar rambut menyarankan untuk tidak membasahi rambut dalam jangka waktu empat hingga enam minggu setelah proses penggimbalan. Dalam kurun waktu tersebut, bisa dipastikan kulit kepala akan terasa
gatal dan sangat kotor karena debu dan minyak yang berasal dari kulit kepala. Nah, untuk membersihkan kulit kepala yang gatal, pilih produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori atau menyebabkan penumpukan seperti anti-itch scalp oil dan organic root stimulator herbal cleanser. Tuangkan kedua produk tersebut masing-masing sebanyak satu tetes pada sehelai kapas, dan oleskan sedikit demi sedikit ke kulit kepala.

2. Pada masa-masa awal, minta bantuan profesional untuk membantu merawat rambut gimbal kamu. Mereka dapat memperlihatkan bagaimana cara menjaga rambut terlihat rapi dan terawat.

3. Untuk mencegah rambut gimbal terlihat kusam, jauhi produk-produk yang mengandung kadar minyak tinggi seperti petroleum jelly dan petrolaum. Produk-produk tersebut bisa menyebabkan penumpukan dan menyisakan residu yang dapat merusak gimbal.

4. Jangan pula menggunakan lilin (wax) meskipun ada pula yang berargumen sebaliknya. Dalam banyak kasus, penggunaan lilin dapat menyebabkab penumpukan di sela-sela rambut dan meninggalkan residu lengket seiring berlalunya waktu. Sebagai alternatif, gunakan produk yang memiliki kandungan minyak yang hampir mirip dengan minyak alami rambut, seperti minyak patchouli atau essential oils seperti tea tree oil, rosemary oil, atau jojoba oil. Tea tree oil sebenarnya merupakan pilihan yang paling tepat karena dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala.

5. Untuk menjaga gimbal agar tidak rusak, gunakan penutup kepala longgar yang terbuat dari satin atau sutra ketika tidur. Bahan polyester juga pilihan yang baik karena membiarkan rambut bernafas meskipun ditutupi. Jika tidak mau menggunakan tutup kepala, gunakan sarung bantal yang terbuat dari satin atau sutra.

6. Jika gimbal sudah jadi, beberapa pakar rambut menyarankan untuk melakukan keramas setiap dua sampai tiga minggu sekali. Akan tetapi, frekuensi ini masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Keramas rambut secara hati-hati dan lembut. Ketika membasuh kulit kepala, pijat secara lembut menggunakan ujung-ujung jari dan jaga agar gimbal tidak kusut.

7. Gunakan shampoo yang mampu menjaga kelembapan alami serta menjaga derajat keasaman rambut. Untuk conditioner, beberapa orang memilih untuk tidak menggunakannya karena khawatir akan mengendurkan gimbal dan membuat rambut terlampau lembut.

Source : Media Indonesia
»»  READMORE...

Tips merawat Vespa

Kata Vespa, Sudah tidak asing di dunia kita. Musik Reggae, SKA, kendaraannya sangat identik dengan kenderaan Vespa.
Dan orang yang mengandarai Vespa belum tentu bisa memperbaiki kendaraannya walaupun hanya penyakit ringan. Beberapa referensi saya temukan dan inilah beberpa tips merawat vespa.
Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.

Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montirbengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.

Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.

Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.

Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.

Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.

Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.

Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.

Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.

Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
  1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
  2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.
Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.

Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.

Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.

Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.

Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.

Hal-hal yang menyebabkan busi mati :
  • Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
  • Coil terlalu lemah
  • Platina / CDI lemah
  • Rendahnya kualitas Bensin
  • Rendahnya kualitas Oli samping
Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.

JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI


Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.

Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan


MERAWAT BUSI SUPAYA AWET

Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.

langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.

Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :

1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.

Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.

Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.

Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.

Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI


MERAWAT ACCU



Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.

Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.

Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.

Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.

Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?

Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.


Referensi : Vespa Indonesia
»»  READMORE...

Sejarah rambut gimbal (dreadlokcs)

Dreadlock
 
Selain Bob Marley dan Jamaika, rambut gimbal atau lazim disebut “dreadlocks” menjadi titik perhatian dalam fenomena reggae. Saat ini dreadlock selalu diidentikkan dengan musik reggae, sehingga secara kaprah orang menganggap bahwa para pemusik reggae yang melahirkan gaya rambut bersilang-belit (locks) itu. Padahal jauh sebelum menjadi gaya, rambut gimbal telah menyusuri sejarah panjang.

Konon, rambut gimbal sudah dikenal sejak tahun 2500 SM. Sosok Tutankhamen, seorang fir’aun dari masa Mesir Kuno, digambarkan memelihara rambut gimbal. Demikian juga Dewa Shiwa dalam agama Hindu. Secara kultural, sejak beratus tahun yang lalu banyak suku asli di Afrika, Australia dan New Guinea yang dikenal dengan rambut gimbalnya. Di daerah Dieng, Wonosobo hingga kini masih tersisa adat memelihara rambut gimbal para balita sebagai ungkapan spiritualitas tradisional.
Membiarkan rambut tumbuh memanjang tanpa perawatan, sehingga akhirnya saling membelit membentuk gimbal, memang telah menjadi bagian praktek gerakan-gerakan spiritualitas di kebudayaan Barat maupun Timur. Kaum Nazarit di Barat, dan para penganut Yogi, Gyani dan Tapasvi dari segala sekte di India, memiliki rambut gimbal yang dimaksudkan sebagai pengingkaran pada penampilan fisik yang fana, menjadi bagian dari jalan spiritual yang mereka tempuh. Selain itu ada kepercayaan bahwa rambut gimbal membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan mental-spiritual dan supernatural. Keyakinan tersebut dilatari kepercayaan bahwa energi mental dan spiritual manusia keluar melalui ubun-ubun dan rambut, sehingga ketika rambut terkunci belitan maka energi itu akan tertahan dalam tubuh.
 
Seiring dimulainya masa industrial pada abad ke-19, rambut gimbal mulai sulit diketemukan di daerah Barat. Sampai ketika pada tahun 1914 Marcus Garvey memperkenalkan gerakan religi dan penyadaran identitas kulit hitam lewat UNIA, aspek spiritualitas rambut gimbal dalam agama Hindu dan kaum tribal Afrika diadopsi oleh pengikut gerakan ini. Mereka menyebut diri sebagai kaum “Dread” untuk menyatakan bahwa mereka memiliki rasa gentar dan hormat (dread) pada Tuhan. Rambut gimbal para Dread iniah yang memunculkan istilah dreadlocks—tatanan rambut para Dread. Saat Rastafarianisme menjadi religi yang dikukuhi kelompok ini pada tahun 1930-an, dreadlocks juga menjelma menjadi simbolisasi sosial Rasta (pengikut ajaran Rastafari).

Simbolisasi ini kental terlihat ketika pada tahun 1930-an Jamaika mengalami gejolak sosial dan politik. Kelompok Rasta merasa tidak puas dengan kondisi sosial dan pemerintah yang ada, lantas membentuk masyarakat tersendiri yang tinggal di tenda-tenda yang didirikan diantara semak belukar. Mereka memiliki tatanan nilai dan praktek keagamaan tersendiri, termasuk memelihara rambut gimbal. Dreadlocks juga mereka praktekkan sebagai pembeda dari para “baldhead” (sebutan untuk orang kulit putih berambut pirang), yang mereka golongkan sebagai kaum Babylon—istilah untuk penguasa penindas. Pertengahan tahun 1960-an perkemahan kelompok Rasta ditutup dan mereka dipindahkan ke daerah Kingston, seperti di kota Trench Town dan Greenwich, tempat dimana musik reggae lahir pada tahun 1968.

Ketika musik reggae memasuki arus besar musik dunia pada akhir tahun 1970-an, tak pelak lagi sosok Bob Marley dan rambut gimbalnya menjadi ikon baru yang dipuja-puja. Dreadlock dengan segera menjadi sebuah trend baru dalam tata rambut dan cenderung lepas dari nilai spiritualitasnya. Apalagi ketika pada tahun 1990-an, dreadlocks mewarnai penampilan para musisi rock dan menjadi bagian dari fashion dunia. Dreadlock yang biasanya membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk terbentuk, sejak saat itu bisa dibuat oleh salon-salon rambut hanya dalam lima jam! Aneka gaya dreadlock pun ditawarkan, termasuk rambut aneka warna dan “dread perms” alias gaya dreadlock yang permanen.

Meski cenderung lebih identik dengan fashion, secara mendasar dreadlock tetap menjadi bentuk ungkap semangat anti kekerasan, anti kemapanan dan solidaritas untuk kalangan minoritas tertindas.
»»  READMORE...

Jumat, 23 November 2012

10 Danau Terbesar di Dunia


1. Laut Kaspia
Lokasi: Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Iran
Luas (km²): 394.299
Panjang (km): 1.199
Kedalaman maksimum (m): 946
Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia, Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan dan Kazakhstan, dan Eropa (Rusia), Dagestan, Kalmykia dan Oblast Astrakhan. Dia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Dia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar tapi air asin.
2. Superior
Lokasi: Amerika Serikat, Kanada
Luas (km²): 82.414
Panjang (km): 616
Kedalaman maksimum (m): 406
Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar yang membatasi Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan.
3. Victoria
Lokasi: Tanzania, Uganda
Luas (km²): 69.485
Panjang (km): 322
Kedalaman maksimum (m): 82Danau Victoria atau Victoria Nyanza (juga dikenal sebagai Ukerewe) adalah Danau Terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan setelah Danau Superior. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.
4. Huron
Lokasi: Amerika Serikat, Kanada
Luas (km²): 59.596
Panjang (km): 397
Kedalaman maksimum (m): 229Danau Huron ialah salsh satu dari 5 Danau Besar Amerika. Merupakan yang ke-3 dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki bersama antara Amerika Serikat dan Kanada
5. Michigan
Lokasi: Amerika Serikat
Luas (km²): 58.016
Panjang (km): 517
Kedalaman maksimum (m): 281
Danau Michigan adalah salah satu dari 5 Danau Besar di Amerika Utara yang membatasi negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Chicago merupakan kota terbesar di Danau Michigan.
6. Aral
Lokasi: Kazakhstan, Uzbekistan
Luas (km²): 59.596
Panjang (km): 397
Kedalaman maksimum (m): 229Danau ini terletak di Asia Tengah yaitu di Kazakhstan utara dan Uzbekistan di selatan.
7. Tanganyika
Lokasi: Tanzania, Republik Kongo
Luas (km²): 32.893
Panjang (km): 676
Kedalaman maksimum (m): 1.435
Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor 2 terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar yang berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan berada di kawasan 4 negara yaitu Burundi, Republik Demokratik Kongo, Tanzania dan Zambia,
8. Baikal
Lokasi: Rusia
Luas (km²): 31.500
Panjang (km): 636
Kedalaman maksimum (m): 1.741Danau Baikal atau juga dikenal dengan Mata Biru Siberia dan Laut Suci adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia.
9. Great Bear
Lokasi: Kanada
Luas (km²): 31.080
Panjang (km): 373
Kedalaman maksimum (m): 82
10.Nyasa
Lokasi: Malawi, Mozambik, Tanzania
Luas (km²): 30.044
Panjang (km): 579
Kedalaman maksimum (m): 706.
sumber: Wikipedia
»»  READMORE...