Social Icons

Senin, 22 April 2013

Cintai Kuku Andai

Ilustrasi





Siapa yang tidak ingin punya kuku yang sehat dan menarik? Untuk mendapatkannya, tentu dibutuhkan perawatan yang baik, dan tak lupa, cinta.

Kuku yang sehat akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara umum pula. Infeksi pada kuku mengakibatkan penurunan imunitas sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit. Infeksi dapat terjadi akibat jamur atau bakteri yang masuk dari luka pada kutikula atau daerah sekitar kuku.

Lalu bagaimana untuk menjaga kesehatan kuku yang baik? Profesor dermatologi klinis di Oregon Health Science University dr. Phoebe Rich mengatakan, kuku perlu dijaga kelembabannya. Terutama, saat baru saja dibersihkan dari pewarna kuku.

"Pastikan untuk memberikan krim pelembab secara teratur," ujarnya dalam rilis berita American Academy of Dermatology.

"Selalu lindungi kutikula Anda. Jangan pernah memotong atau menarik dengan paksa kutikula Anda, karena akan memicu infeksi. Jika memang harus menghilangkan kutikula, lakukan dengan lembut setelah mandi. Saat itu, kutikula sedang dalam keadaan lunak, sehingga lebih mudah dicabut," jelas Rich.

Rich mengatakan, saat pergi ke salon untuk perawatan kuku, selalu periksa kebersihannya. Karena salon yang tidak bersih justru akan menjadi sumber penyebaran penyakit. Pastikan tempat, alat-alat, dan orang yang melayani di salon bersih. Jika diperlukan, Rich juga menyarankan agar memastikan orang yang menangani Anda di salon memiliki pengalaman dan tersertifikasi.

Kuku kuat

Untuk mendapatkan kuku yang kuat, orang sering menggunakan gelatin untuk melapisinya. Namun menurut Rich, hal tersebut justru akan membuat kuku lebih kaku dan lebih mudah patah. Maka cara terbaik untuk mendapatkan kuku kuat adalah dari asupan yang Anda konsumsi. Makanan yang mengandung vitamin B, seng, kalsium, dan silika baik untuk kuku.

Kuku palsu bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang berkukus sehat. Meskipun tidak dipakai secara terus-menerus, karena akan merusak kuku. Serta, Rich menambahkan, mereka dengan kuku yang infeksi sebaiknya tidak menggunakan kuku palsu karena akan menambah buruk infeksi.

Maka, mulailah untuk mencintai kuku demi kesehatan tubuh Anda.


Sumber :
Healthday News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar