Social Icons

Sabtu, 24 November 2012

Sejarah musik DUB

Musik dub mulai di Jamaika reggae studio produksi pada akhir tahun 1960. Reggae dub versi awalnya dibuat untuk alasan kreatif dan ekonomi: mereka tidak membutuhkan tambahan sesi studio dan mereka diperlukan penemuan dan eksperimen untuk menciptakan sesuatu yang baru dari trek yang ada. Pengaturan ini dimungkinkan karena tidak meratifikasi Jamaika Konvensi Berne untuk Perlindungan Karya Sastra dan Seni ketika memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1962, yang memungkinkan seniman untuk kreasi ulang musik tanpa masalah hak cipta sampai tahun 1994.
Ruddock Osbourne, AKA Raja gendut, secara luas dikreditkan sebagai penemu musik dub, meskipun tindakan kreatif adalah hasil dari kebetulan dan bukan upaya yang disengaja. Bakat paralel Nya untuk seni dan ilmu musik memungkinkan dia untuk menguasai bentuk: 40 tahun kemudian, album menjuluki Raja gendut musiknya masih yang terbaik.
Pada tahun 1968, Raja gendut telah menggunakan latar belakang di televisi dan perbaikan stereo untuk membuat sendiri sistem suara disebut Hi Suara Fi. Hi Fi Suara terkenal di seluruh Jamaika karena kemampuan unik gendut untuk menambahkan efek echo dan reverb untuk rekaman nya melalui rekaman sendiri buatan tangan dan teknologi produksi. Dia juga bekerja untuk Duke Reid, salah satu suara operator atas Jamaika sistem reggae dan produsen, sebagai pemotong master di Pulau Harta Karun Studios. Dalam peran tersebut, Raja gendut potong satu-off rekaman acetate untuk penggunaan eksklusif oleh sistem suara Reid, sebuah proses yang dikenal sebagai "dubbing". Selama satu sesi, gendut sengaja lupa untuk menyertakan vokal lagu pada rekaman. Ketika ia bermain kembali kesalahan, ia memutuskan ia menyukai Riddim dilucuti-down. Tak lama kemudian, ia mengambil asetat ke pesta dansa. Dia pertama kali memainkan "benar" rekaman dengan vokal pada sistem sound-nya, kemudian diikuti dengan lagu baru nya, murni instrumental. Orang banyak pergi liar dan musik dub lahir.
Raja gendut itu Hi Fi menjadi terkemuka menjuluki Jamaika sound system, sebagai teknologi yang memungkinkan dia untuk menciptakan "versi" dari lagu-lagu reggae populer yang mengambil kehidupan mereka sendiri dengan remizing tambahan dan echos unearlthly dan reverb penekanan irama. Pada tahun 1972 gendut mendirikan studio rekaman sendiri di mana ia mampu membangun dan bereksperimen dengan array pertumbuhan perangkat efek. Selama waktu ini ia juga mulai berkolaborasi dengan Lee "Scratch" Perry, Bunny Lee, dan lain-lain.
Sebagai popularitas gendut tumbuh saingan nyata pertama yang muncul dalam bentuk Errol Thompson, sound engineer untuk label Joe Gibbs 'Amalgamated. Gibbs telah Thompson membuat versi instrumental dari single nya pada 'album B-side, sehingga dalam praktek yang masih umum pada single reggae hari ini: sisi A mencakup vokalis sementara sisi B adalah versi instrumental yang disebut dub Gibbs. Album vokal-bebas pertama reggae dub adalah " The Undertaker , "dirilis pada tahun 1970 dan direkayasa oleh Errol Thompson, dengan musik dan efek suara dengan Derrick Harriot dan Crystalites.
Thompson menjuluki kreasi dibatasi oleh peralatan sekalipun. Sementara ia digunakan tombol untuk tiba-tiba pindah trek dan mematikan, gendut telah menemukan fader analog, reverb, dan equalizer untuk menciptakan suara baru yang radikal.
Sebagai musik dub berkembang melalui tahun 1970-an, gendut semakin diperlakukan peralatan sebagai instrumen musik improvisasi. Gemuk mulai bekerja secara langsung dengan musisi reggae, membentuk hubungan erat dengan Kelinci "Striker" Lee dan Lee "Scratch" Perry dan band-nya The Aggrovators. Musisi ini disediakan gendut dengan ratusan irama, atau riddims, sering macet sementara gendut bekerja ajaib menjuluki-Nya bersama mereka, rekaman dan remixing musik mereka dalam sesi studio hidup. Gemuk menjadi konduktor dan pasangannya band, menyuntikkan sampel, nada tes, dan lebih ke dalam trek saat membentuk kembali mereka dengan loop, reverb, dan gema. Gemuk terkenal melanda unit reverb musim semi dengan tangannya untuk membuat petir bergema.
Sepanjang awal 1970-an, studio reggae mulai bersaing satu sama lain, merilis versi dub semakin lebih inovatif. Pada tahun 1973, hubungan Raja gendut dengan Lee "Scratch" Perry memuncak dalam Blackboard Jungle Dub, album dub-hanya mani, menandai awal pengakuan menjuluki sebagai sebuah genre musik yang berbeda. Blackboard Jungle adalah menjuluki stereo album yang masih terhitung di antara terbaik di genre. Pada pertengahan 1970-an Raja gendut dirilis Dikelilingi Dengan rambut gimbal di Arena Nasional dan Raja gendut Bertemu Upsetter The At The Grass Roots Of Dub, menetapkan dirinya sebagai musisi dub utama, produsen, dan inovator.
Selain menciptakan bentuk musik dub, gendut juga menciptakan generasi berikutnya dari seniman menjuluki besar, pelatihan Lee Scratch Perry, Pangeran Phillip Smart, Lloyd "Pangeran Jammy" James, dan Overton "Ilmuwan" Brown di studio dub nya produksi. Pangeran Jammy melanjutkan untuk membentuk label Imprint dan menjadi produsen terkemuka menjuluki Jamaika Ilmuwan kemudian menjadi seniman terkemuka dub, pada gilirannya pelatihan Profesor Mad..
Pada tahun 1985, Raja gendut membangun sebuah studio baru dan dirilis Temper Anthony Red Rose 's hit. Di ambang memimpin gelombang baru inovasi menjuluki melalui '80 dan seterusnya, gendut ditembak dan dibunuh di luar studionya pada tahun 1986. Identitas pembunuh dan motif tetap menjadi misteri saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar