Social Icons

Rabu, 28 November 2012

Bongkahan Es di Laut Bagi Penguin Kaisar

Wikipedia Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri)

KOMPAS.com - Untuk pertamakalinya, peneliti yang memantau perilaku emperor penguin atau penguin kaisar (Aptenodytes forsteri) mencoba mencari tahu sejauh mana pentingnya keberadaan bongkahan es di laut terhadap kebiasaan sehari-hari para penguin tersebut.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PLoS One, Shinichi Watanabe dan rekan-rekannya, peneliti dari Fukuyama University, Jepang, berupaya mengungkap perilaku mencari makan penguin kaisar. Penelitian dilakukan sepanjang musim masa pertumbuhan anak penguin.

Ternyata, tidak seperti spesies penguin lain misalnya penguin Adelie, penguin kaisar menghabiskan lebih banyak waktu menyelam mencari makanan. Mereka hanya menghabiskan sekitar 30 persen waktu mereka di laut untuk beristirahat di atas bongkahan es.

Penguin kaisar juga tidak melakukan perjalanan jauh di atas es atau menggunakannya untuk aktivitas lain. Dari penelitian, diketahui pula bahwa mereka beristirahat sejenak di atas es untuk membantu mereka menghindari satwa pemangsa, seperti anjing laut.

Meski efek keberadaan kondisi es di laut terhadap populasi penguin sudah diketahui sangat mempengaruhi populasi penguin, hubungan antara jumlah banyaknya bongkahan es dan pencarian makan penguin, khususnya penguin kaisar belum bisa dipastikan karena sulitnya melacak keberadaan satwa-satwa ini di laut.

“Teknik pemantauan yang dikembangkan dalam studi ini akan membantu memahami hubungan di antara jumlah bongkahan es dan perilaku mencari makan tersebut,” kata Watanabe. (Abiyu Pradipa/National Geographic Indonesia)
Sumber :
National Geographic Indonesia
Editor :
yunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar